Pertemuan KPIN 08 Mei 2015 di Fakultas Psikologi UHAMKA

IMG-20150508-WA0004

[kiri-kanan] Eko A.M., Rusdi, Idhamsyah E.P., Sarlito W.S., Ardiningtiyas P., Vinaya, Aisyah, Hanrezi D.H., Aliyah Kania, Lila P.

Pertemuan seluruh anggota KPIN ke-3 diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UHAMKA, Jakarta pada Jumat, 08 Mei 2015, pukul 13.00 – 16.00 WIB. Tujuan pertemuan tiap dua bulan ini untuk memantau perkembangan kerjasama antar anggota KPIN dan mengevaluasi sehingga bisa terus meningkatkan sinergi bersama.

Suasana pertemuan berlangung akrab dan penuh kesungguhan untuk mengoptimalkan beragam ide dan implementasinya secara konkret.

Puwarupa Modul Bersama - KPIN

Puwarupa Modul Bersama – KPIN oleh Eko A.M., PIC Modul-Buku

Kerjasama yang telah terjalin di antaranya kerjasama penyusunan bersama modul bersama antara Fakultas Psikologi Yarsi dan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Menyusul kemudian rencana penyusunan modul lain oleh rekan dari Fakultas Psikologi Pancasila yang kemungkinan akan berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan. Rencana kolaborasi buku bertema kesehatan mental juga hadir dari rekan Fakultas Psikologi Universitas Borobudur yang mengundang rekan KPIN lain. Penulisan buku ini telah berjalan 60% dan siap bekerjasama dengan rekan lain yang memiliki minat sama. Kerjasama modul-buku ini akan menggandeng penerbit Rajawali yang merupakan penerbit partner KPIN.

IMG-20150511-WA0004

[kiri depan – kanan depan] Lila P., Rusdi, M.Subhan, Idhamsyah E.P., Eko A.M., Sarlito W.S., Vinaya, Aisyah

Kerjasama dalam event telah menayangkan informasi Call for Paper, workshop dan seminar yang akan diselenggarakan oleh kampus anggota KPIN melaui milis KPIN dan blog KPIN. Ide kerjasama lain adalah mengadakan pendalaman/pengayaan materi kuliah antar 2-3 anggota KPIN agar mendorong interaksi mahasiswa lintas universitas.

IMG-20150508-WA0006

[kiri depan – kanan depan] Sarlito W.S., Aisyah, Hanrezi D.H., Lila P., Aliyah K.

Kerjasama dalam riset telah menayangkan daftar penelitian institusi yang tergabung dalam KPIN. Baik penelitian yang sedang berjalan maupun masih dalam perencanaan. Tujuan penayangan tersebut untuk membuka kerjasama dan dialog antar peneliti baik anggota KPIN maupun pembaca blog KPIN yang bukan anggota KPIN.

Sementara proses kerjasama dalam penerbitan jurnal yakni Jurnal Psikologi Ulayat telah berjalan untuk penerbitan bulan Juni dan Desember 2015. Naskah telah masuk ke Sekretariat JPU dan berlanjut pada proses blind review serta penyuntingan oleh tim editor JPU. Naskah yang telah lolos tim editor akan segera mendapatkan surat layak terbit dari Sekretariat JPU tanpa menunggu penerbitan JPU (misal layak terbit untuk edisi bulan Desember 2015).

[kiri belakang - kanan depan] Idhamsyah E.P., Ardiningtiyas P., Vinaya

[kiri belakang – kanan depan] Idhamsyah E.P., Ardiningtiyas P., Vinaya

Dinamika kerjasama dalam KPIN tidak lepas dari berbagai kendala, baik pengurus KPIN maupun institusi itu sendiri. Hal ini karena padatnya agenda akademik, namun semangat kolaborasi tetap tinggi, terbukti dengan mengalirnya ide dan kerja keras semua pihak yang terlibat. Semangat ini juga tidak terkendala oleh jarak, seperti rekan KPIN dari Universitas Sumatera Utara, Medan atau Universitas Maranatha Bandung. Kemajuan teknologi telah memperlebar peluang kerjasama lintas kota, pulau dan waktu ūüėÄ

Beberapa rekan KPIN berhalangan dalam pertemuan kali ini, namun kolaborasi tetap berlanjut!

Salam Sinergi!

success-quotes_13768-1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s